First Look Asus Eeepc 4G

At last kemarin malam saya sudah terima paket Eeepc yang saya beli, sesuai dengan deskripsi oleh penjual, barangnya memang benar-benar mulus dan aroma baru masih terasa. Kelengkepan masih seperti beli namun DVD pendukung yang tidak ada.

Saya tancapkan battry dan saya hidupkan. Wow, Linux Xandros up tidak butuh lama, 10 detik dari tombol power saya on kan. Eeepc memang memasang OS Linux Xandros sebagai operating system. Gratis tidak perlu mengeluarkan biaya. Saya coba jelajah desktopnya, hhmm…lumayan lengkap. Aplikasi internet mulai dari Mozilla sebagai browser, buddy aplikasi massengger. Openoffice merupakan standar aplikai perkantoran, mulai dari write hingga impress. Dan masih ada lagi yang lain. Untuk aplikasi PIM, Eeepc menyediakan KPim, cukup bagus sebagai alternatif Microsoft Outlook yang harus bayar.

Kebanyakan orang sangat takut memakai Linux. Nah saya mencoba Eeepc ini saya berikan kepada anak saya yang masih duduk di kelas 2 SD. Ternyata, buat dia tidak ada bedanya dengan Windows dan Linux. Selama ini dia terbiasa dengan komputer di rumah yang terpasang Windows. Sebentar saja dia sudah biasa dan aplikasi favoritenya adalah games yang ada di Eeepc Linux Xandros. Ada Tux Racer yang selalu dia mainkan pertamakali kemudian jika sudah mulai bosan dia bermain dengan Sudoku. Ternyata Eeepc sangat dekat dengan anak-anak saya walaupun memakai sistem operasi Linux Xandros.

Saya coba berikan Eeepc ini untuk dicoba oleh istri saya. Dia biasa memakai MS Excel untuk mengerjakan laporan-laporan keuangan. Saya minta salah satu file excel yang dia kerjakan di pc dikerjakan di Eeepc. Ternyata tanpa kesulitan file tersebut dapat terbuka dengan baik, tanpa ada yang kurang. Istri saya sangat senang, dengan Eeepc yang bentuknya kecil dia sekarang dapat mengerjakan laporang keuangan tidak harus berada di rumah, di toko yang dia tunggu selama ini dapat di sambil dengan merekap laporan harian keuangan yang menjadi tanggung jawabnya.

Ternyata memang Asus tepat sekai membundel Linux Xandros di Eeepc yang dijualnya. Namun, saya masih penasaran, bagaimana install Win Xp di Eeepc ini? Bagaimana kalau saya install Linux Ubuntu? Bagaimana saya install MacOS Leopard di Eeepc?

Mumpung ada Asus Eeepc, saya akan mencoba Operating Sistem yang lain. Saya akan tuliskan hasil coba-coba di blog ini.

3 thoughts on “First Look Asus Eeepc 4G

  1. Saya udah install Ubuntu 9.04 Netbook Remix di mini pc saya, saya pakek Axioo DJM 612, 10″. dan berjalan dengan baik. interfacenya bener2 baru, ubuntu tampil beda untuk versi Netbooknya dengan fitur yang cukup lengkap untuk kebutuhan sehari-hari. untuk sourcenya bisa di download di link http://www.ubuntu.com/getubuntu/download-netbook dan untuk tutorialnya di https://help.ubuntu.com/community/Installation/FromImgFiles
    sebelumnya saya pakek Windows xp Home edition original bawa’an axioo.

    Like

Leave a Reply

