Windows 7, Lebih Baik Ketimbang Vista?

Microsoft 28 Oktober lalu menawarkan Windows 7, sistem operasi yang disebut-sebut menjadi pengganti Windows Vista. Sistem operasi ini mungkin baru resmi akan diluncurkan pekan depan. Tapi, Selasa lalu Microsoft telah menawarkan kepada para pengembang software untuk mencicipi sistem operasi itu dalam forum Professional Developer Conference yang digelar Microsoft di Los Angeles.

Windows Vista, memang banyak dikeluhkan para pengguna. Sistem operasi itu lelet dan memakan memori cukup besar, tapi dengan tampilan dan kinerja yang biasa-biasa saja. Mungkin itu sebabnya, Windows 7 hadir.

Developer dari CNET menilai Microsoft telah memperbaiki banyak hal pada Windows 7. Salah satunya, mereka fokus pada waktu saat komputer dinyalakan dan dimatikan.

“Fokus kami adalah membuat sistem operasi yang lebih mudah,” kata Corporate Vice Presiden Microsoft Mike Nash. “Banyak yang telah kami lakukan agar Windows menjadi lebih mudah dan lebih cepat bekerja.”

Kerja keras itu kini sudah tampak. Windows 7, menurut Guardian tampak lebih enteng dan bersih ketimbang Vista. Perubahannya ini tidak dramatis tapi cukup bagus. Peranti yang sudah berjalan di Vista akan kompatibel dengan Windows 7.

Windows juga mengurangi hal-hal yang selama ini mengganggu seperti kotak dialog yang terlalu “cerewet”. Anda bisa mematikan kotak-kotak dialog itu dengan cepat.

Secara tampilan tak banyak perubahan. Hanya ikon di taksbar dibuat lebih besar. Ini agak meniru sistem operasi Mac OS X. Lalu juga ada preview atau intipan saat tetikus kita lewat pada aplikasi tertentu. Ini membuat pengguna bisa segera menjalankan sebagian fungsi aplikasi itu dengan cepat, seperti: menyalakan atau mematikan lagu di Windows Media Player, atau mengunjungi situs favorit di Internet Explorer.

Aplikasi di Windows juga dapat dibuat transparan sehingga bisa melihat berkas atau file di layar deskptop. Pengguna juga bisa melakukan drag and drop aplikasi dengan gampang.

Windows Explorer, yang mrupakan tulang punggung untuk mengatur manajemen file juga dipermak. Ada tambahan fitur yang disebut perpustakaan yang bisa menarik berkas-berkas dari berbagai lokasi. Misalnya, jika Anda memiliki foto di hard disk internal dan hard disk eksternal, Anda bisa mencari foto-foto itu di satu folder.

Windows 7 ini disebut-sebut lebih tidak seambisius ketimbang Vista. Dia dikembangkan tidak terburu-buru seperti Vista. Itulah sebabnya, pengguna bisa lebih menikmati Windows 7 yang disebut-sebut ringan sehingga bisa dipasang di netbook (laptop ringan).

[]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s