Tetap Semangat!

Tanggal 11 hingga 14 Nopember 2008 lalu saya diminta teman-teman di STIKOM mengisi training Administrator Jaringan tingkat dasar. Training ini dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Provinsi Jawa Timur Balongsari Tama Surabaya. Tempat yang belum pernah saya kunjungi bahkan tempatnya saya tidak tahu.

Awal datang tanggal 11, saya sempat kebingungan arahnya. Untung ada Mas Dian yang mendampingi saya selama training berlangsung. Arah dan pentunjuk yang jelas saya sampai ditempat hanya 10 menit dari Pakis Tirtosari.

Bayangan saya peserta training adalah orang-orang IT yang menangani jaringan komputer tempat dimana mereka berkerja. Hampir seluruh dinas yang ada di lingkungan propinsi Jawa Timur ada. Mulai dari perikanan, perkebunan, pendapatan daerah, dan dinas lainnya. Ternyata tidak semua bayangan benar. Sepertinya hanya beberapa dari mereka memang benar. Sisanya ingin mengetahui tentang jaringan komputer.

Bayangan saya yang lain, umur peserta training di bawah 35 tahun. Namun lagi-lagi bayangan saya meleset. Sebagian peserta ternyata umurnya 40 tahun ke atas. Wah bakal susah ne untuk memberi materi, demikian pikiran saya.

Sekali lagi pikiran saya meleset. Seluruh peserta semangat sekali melahap materi-materi yang saya berikan. Pertanyaan sering diajukan oleh peserta. Bahkan ada salah satu peserta meminta bagaimana caranya mendapatkan password Administrator karena dikantornya ada folder yang terproteksi, tidak dapat dibuka. Padahal dalam folder tersebut ada data yang harus diambil. Kadis sudah memberikan ijin dengan segala cara folder tersebut harus dibuka. Demikian peserta itu melanjutkan pertanyaannya. Wahh…jadi cracker ne.

Semangat mereka mempelajari tentang jaringan komputer patut diacungi jempol. Usia bukan halangan. Kemauan dan kerja keras faktor yang tidak boleh dilupakan.

Tetap semangat!

Leave a Reply

