Pak, Saya Lupa Password?

Itulah pertanyaan ketika saya mengisi pelatihan Dasar Jaringan Komputer dan Windows 2000 Server dua minggu yang lalu. Kebetulan bapak yang kehilangan password tersebut membutuhkan data-data penting yang biasa dia pakai di kantor. Saya sedikit khawatir, jika ingin mendapatkan password di Windows 2000 atau Xp apalagi yang dicari password administrator sangat riskan. Resiko jika saya memberitahu pada bapak tersebut termasuk kriminal, benar begitu gak ya?

Bapak tersebut menangkap apa yang saya pikirkan. Dia melanjutkan bahwa dia telah memiliki izin dari atasannya untuk mengambil data itu. Mengingat password administrator hanya diingat oleh salah satu pegawai dan saat ini pegawai tersebut statusnya anfal karena stroke. Jika memang keadaanya demikian, saya mengiyakan untuk membantu mendapatkan password administrator tersebut.

Berbekal ‘mbah google’ saya dapatkan beberapa program untuk memecahkan masalah bapak itu. Pilihan saya jatuh pada ophcrack. Software ini memiliki dua metode pemecahan password. Pertama, ada file yang diunduh langsung dari websitenya berupa file .exe. Instal di Windows yang ingin dicrack passwordnya dan mengikuti perintah dilayar. Cara ini membutuhkan user yang dapat dipakai login. Jika tidak memiliki user, pakailah cara yang kedua.

Kedua, ada file .iso yang dapat diunduh juga dari website. File .iso ini kemudian dibakar ke cd, dan langsung diboot dari cd tersebut. Distro SLAX akan tampil dilayar monitor dan mengikuti pentunjuk yang ada dilayar.

Lain waktu akan saya tuliskan langkah-langkah bagaimana mendapatkan password administrator dari windows yang kita pakai, baik dalam bentuk instalasi langsung ke windows atau live cd SLAX.

[]

2 thoughts on “Pak, Saya Lupa Password?

Leave a Reply

