Ustadz Ngeblog, Why Not!

“Mas, kok tampilan monitor saya seperti ini?” tanya ustadz yang berada di pojok sambil garuk-garuk kepalanya yang tidak gatal. Belum saya sampai dimeja ustadz tersebut, saya sudah dihadang ustadz yang ada di depannya. “Mas, ini alamat email saya atau blog saya?”

Dua pertanyaan itu yang paling dominan ketika kemarin, 29 Nopember 2008 saya mengisi pelatihan “Ustadz Ngeblog, why not!” bertempat di Persyadha Ketintang Surabaya. Pelatihan ini diikuti pondok-pondok cabang Persyadha yang dimotori bidang kema’hadan Persyadha. Tujuan pelatihan ini adalah membangun komunikasi pondok cabang dan Persyadha Pusat melalui media blog. Selain itu juga sebagai media dakwah tanpa batas, tanpa mengenal waktu, dan tersebar dengan cepat.

Di awali pelatihan, saya memberikan pengertian tentang blog dan yang terpenting jika blog telah dibuat. Membuat blog itu sendiri tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika koneksi Internet kita baik, cukup 10 menit blog sudah tercipta. Menjaga istiqomah konten blog itu sendiri menjadi masalah yang sangat serius. Banyak blog-blog yang telah dibuat, akhirnya juga tidak pernah update lagi.

Di akhir pengantar, saya memberikan tips-tips menjaga keistiqomahan dalam ngeblog yang saya kutip dari blog Ust. Imam Mawardi.

Selamat Ngeblog Ust. Semoga pelatihan ini menjadi momentum perubahan paradigma dakwah dan metode penggalangan dana.

[]

4 thoughts on “Ustadz Ngeblog, Why Not!

  1. Salam kenal juga Pak.

    Yups, dan sebuah tulisan umurnya tidak terbatas walaupun sang empunya tulisan sudah wafat, dia akan tetap hidup.

    Like

  2. Sewaktu pelatihan kemarin ada beberapa yang sudah berhasil namun catatan tentang itu dicatat oleh Ust. Muhajir. Beberapa ust.mengirimkan datanya ke email saya, coba saya cari lagi emailnya.

    Like

Leave a Reply

