Al Muwatho’

Al Muwatho’ adalah kitab hadits Nabi saw. yang disusun oleh Imam Malik. Selain berbiacara tentang hadits, Al Muwatho’ mempunyai karomah yang lain. Apa itu? Simak cerita berikut ini yang saya dan keluarga besar alami.

Minggu kemarin  keluarga besar kami dibuat deg-degan menanti kelahiran keponakan kami. Anak dari adik saya. Lima hari adik saya menunggu di rumah bidan. Sejak pembukaan kedua kandungannya dia diharuskan menginap di sana. Diperkirakan besoknya lahir. Manusia berencana, Allah ta’ala berkehendak lain. Si jabang bayi tidak lahir.

Segala upaya dilakukan, mulai dari adik memohon maaf ke semua saudara, dan juga ke ayah dan juga membaca doa-doa yang diberikan saudara kami. Namun, jabang bayi tetap bertahan di dalam perut ibunya. Ayah sudah mulai panik. Beliau mengajak saya berkunjung ke kediaman Abi Ihya’. Namun, hari itu adalah hari Kamis, beliau masih berada di Pujon. Di putuskan besok, hari Jumat berkunjung ke sana, apabila jabang bayi belum lahir.

Kamis siang, adik saya yang lain berkunjung ke rumah, meminjam peralatan tukang dan tangga. Dia tidak sendirian, datang bersama tetangga sebelahnya. Saya ceritakan masalah adik saya yang hamil tersebut.

“Khi, kenapa ya adik saya susah melahirkan. Sudah lima hari dia di rumah bidan. Semua doa sudah dibaca dan dia juga sudah memohon maaf”, tanya saya kepada teman adik saya itu. “
Dia menangkap kekhawatiran saya seraya menjawab, “Punya kitab Al Muwatho?”
“Ada, saya dapatkan kitab itu dari Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki”, jawab saya.
“Bawa kitab itu ke adik kamu, letakkan di atas kandungannya. Bacakana al Fatihah untuk Imam Malik dan Abuya Sayyid Muhammad. InsyaAllah jabang bayinya lahir”, lanjut dia.
“Cuman begitu saja?” tanya saya.
“Ya, saya mendengar dari murid-murid Abuya Sayyid Muhammad berkata seperti itu. Abuya Sayyid Muhammad yang bertutur langsung kepada murid-muridnya. Ketika istri saya hamil kemarin saya lakukan hal itu. Alhamdulillah, anak saya lahirnya cepat”, jawab teman adik saya.

Segera saja saya ambil kitab Al Muwatho’  di dalam lemari buku. Saya berikan ke suami adik saya.  Sehabis Isya’ dia ke rumah bidan. Diletakkan kitab Al Muwatho’ di atas kandungan adik saya. Dia membaca al Fatihah di tujukan ke Imam Malik dan Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki. Jam 1.30 malam, telepon saya berdering. Dari suami adik saya. Dia memberitahu bahwa anaknya sudah lahir, perempuan. Alhamdulillah.

Saya bersyukur kepada Allah ta’ala lantaran wasilah karomah kitab Al Muwatho’ adik saya terhindar menunggu lebih lama lagi.

Pengalaman ini saya ceritakan kepada guru saya, Abi Ihya’. Beliau membenarkan karomah kitab Al Muwatho’. Bahkan beliau bercerita ada muridnya posisi bayi nyunsang tidak normal ketika akan melahirkan. Beliau ambil kitab Al Muwatho’ dan diletakkan di atas kandungan. Selanjutnya dibacakan al Fatihah untuk Imam Malik dan Abuya Sayyid Muhammad. Masya Allah, posisi bayi yang tadinya nyunsang kembali ke posisi normal. Subhanallah.

Maha Suci Allah ta’ala dan semua kehendak Allah ta’ala.

[]

6 thoughts on “Al Muwatho’

  1. Ana terhidu bau khurafat disini:

    Diletakkan kitab Al Muwatho’ di atas kandungan adik saya. Dia membaca al Fatihah di tujukan ke Imam Malik dan Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki. Jam 1.30 malam, telepon saya berdering. Dari suami adik saya. Dia memberitahu bahwa anaknya sudah lahir, perempuan.!

    Like

    • Akhi,
      Terserah antum membaui khurafat atau tidak, nyatanya anak adik saya alhamdulillah lahir. Begitu juga dengan yang lain yang mengalami hal yang sama. Khurafat atau tidak yang lebih tahu diri kita dan Alloh, tidak perlu penglihatan orang lain yang hanya melihat permukaannya saja.

      Like

    • Wa’alaikumsala.

      Kabar baik zaim, salammu insyaAlloh saya sampaikan. Kabar kamu gimana? sebentar lagi kamu menghadapi UASBN ya? bagaimana persiapannya? Salam buat abi dan ummi antum.

      Like

    • Kitab Al Muwatho sudah ada terjemahannya dan saya kira ditoko buku Gramedia sudah tersedia. Kalau yang tidak terjemahannya bisa di dapatkan di jalan Panggung Surabaya, hampir semua toko buku disana menyediakan kitab tersebut.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s