Catatan Multaqo Sanawy 1430H

Perhelatan Multaqo Sanawy 1430H di Tulunagung mulai 27-28 Juni 2009 selesai sudah. Para peserta kembali ke daerah masing-masing dengan membawa segala macam kenangan. Beberapa catatan mengenai multaqo kali ini yang dapat saya catatan sebagai berikut:

1. Konsumsi, sangat puas. Multaqo kali ini panitia benar-benar siap. Makan pagi, siang dan malam tersaji tepat waktu. Walaupun ketika makan pagi, 28 Juni 2009 sempat kehabisan pecel dan nasi goreng di bagian ikhwan, namun dengan cepat panitia lokal menutupi kekurangan tersebut. Menunya  juga sangat bervariasi, tidak didominasi satu menu saja.

2. Pengisi acara, sangat padat dengan berbagai macam narasumber. Tentunya hal ini memberikan pengetahuan yang beragam peserta multaqo. Mulai dari pengetahuan intelejen hingga bahaya pluralis. Tentunya tausiyah Abi Ihya’ tetap yang paling dinanti peserta multaqo.

3. Ada acara yang membosankan dan ini sudah ada sejak multaqo-multaqo sebelumnya. Sidang komisi, ya sidang komisi. Acara yang mirip dengan musyker ini mengapa ada disetiap multaqo? Pertimbangannya apa? Acara yang digagas panitia pusat (Persyadha pusat) ini hanya menambah kepenatan dan kelelahan peserta. Bayangkan, sehabis qiyamulail, dilanjutkan dengan sholat shubuh kemudian wiridan hingga terbit fajar, dilanjutkan dan ishoma (hanya diberikan waktu 15 menit) setelah itu duduk diaula dan harus mendengarkan hasil sidang komisi selama 1,5 jam. Padahal jam 8 pagi hingga siang acara begitu padat. Tidak ada jeda. Tak pelak, banyak peserta yang tidur, tak terkecuali pada saat sesi Tausiyah Abi Ihya’. Pantaskan acara sidang komisi masih dipertahankan di multaqo padahal sudah ada acara yang mirip itu di musyker?

4. Acara hiburan untuk anak-anak dan ummahat. Yang ini sangat berbeda. Anak-anak diberi hiburan mulai dari nonton video edukatif bersama hingga berenang di pagi hari. Acara yang digagas panitia lokal ini sangat berbeda dengan multaqo-multaqo sebelumnya. Tentunya acara ini membawa kenangan tersendiri bagi anak-anak.

Keempat catatan tersebu menurut saya yang paling dominan mewarnai multaqo sanawy 1430H kali ini. Anda boleh tidak setuju dengan saya, atau berbeda kesan pasannya. Jangan sungkan memberikan komentar.[]

2 thoughts on “Catatan Multaqo Sanawy 1430H

  1. Alhamdulillah sudah selesai, panitia lokal hnya bisa menyediakan yang dimampu. Mohon maaf bila selama kegiatan ada banyak kekurangan, sehingga tidak maksimal.
    Eh… kemarin hotspotnya dicoba?

    Like

    • Panitia lokal menyuguhkan sajian Multaqo Sanawy yang berbeda dengan multaqo-multaqo sebelumnya. Kami mengucapkan jazakumullah khoiron katsiro atas jamuannya. Kenangan yang tidak terlupakan, utamanya anak-anak. Baru multaqo kali ini mereka diperhatikan.
      Hotspot sudah dicoba, laptop saya terkoneksi namun kenapa ya lama sekali loadingnya?

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s