Wali Anak Zina

Pertanyaan:

Ana ucapkan selamat atas diterbitkannya Al Mu’tashim. Nah ! Al Mu’tashim ana mau tanya :

1. Bagaimana hukum orang yang mencukur alis dan menyambung rambut di salon.

2. Jika ada orang yang melakukan zina lalu hamil. Waktu hamil orang itu menikah. Anaknya perempuan, siapakah walinya apakah ayahnya sah atau tidak menjadi wali?

Susilowati
Jl. Hasanuddin No.54 Junrejo Kotif Batu 65321

Jawaban

1. Tujuan orang mencukur alis adalah berdandan agar menarik perhatian orang lain, terutama lawan jenis. Berdandan termasuk tabarruj yang dalam hukum Islam dilarang. Mencukur alis juga termasuk mengubah bentuk bagian dari wajah yang dianugerahkan Allah Ta’ala. Mengubah ini sepertinya ada kesan tidak mau menerima apa adanya. Atau ada anggapan bahwa bentuk alis yang dianugerahkan kurang kecil, kurang panjang atau yang lainnya. Seolah-olah tidak puas, terus protes dengan cara menyewa tukang salon. Apa Allah akan dibandingkan dengan tukang salon?Jadi hukum mencukur alis tidak boleh atau haram ( Lihat Al Halal Haram  hal. 88, Hadist Shohih Bukhori Juz VII hal. 63 dalam bab Al Mutanammishot).

Muslimah yang baik adalah muslimah yang rambutnya tertutup oleh kerudung, karena termasuk aurat, dan ini termasuk perintah agama. Kalau sudah ditutup ngapain harus disambung. Biasanya tujuan menyambung rambut untuk berdandan agar rambutnya berbentuk seperti ‘gong’, ini termasuk tabarruj. Jadi hukum menyambung rambut adalah haram baik itu berasal dari rambut asli ataupun rambut buatan ( lihat Al Halal  Wal Haram, hal 89, hadist Shohih Bukhari Juz VII hal. 63 dalam bab Al Maushulah)

2.Islam memutuskan bahwa anak zina baik lelaki atau perempuan sama sekali tidak memiliki hubungan nasab dengan ayahnya (lelaki yang menggauli ibunya di luar nikah). Jadi dalam kasus tersebut jelas si ayah tidak berhak menjadi wali, maka wali nikah adalah wali hakim. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

الْوَلَدُ لِلْفِرَاشِ وَلِلْعَاهِرِ الْحَجَرُ

Anak adalah milik suami, sementara bagi pezina ada kerugian” HR Bukhari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s