Meraih Kemuliaan

Meraih Kemuliaan Ada di antara kita yang ingin menghabiskan malam-malamnya dengan bermunajat kepada Alloh ‘Azza wa Jalla, tetapi ia belum memiliki kekuatan untuk melakukannya. Besar hasratnya untuk melakukan qiyamul lail, tetapi ia terkalahkan oleh matanya. Ia senantiasa mencoba, tetapi akhirnya berputus asa karena merasa hampir-hampir tak sanggup melakukannya. Padahal, Alloh telah berikan kepadanya jalan lain untuk menggapai kemuliaan.

Teringat saya sebuah hadis Nabi (semoga kita selalu bershalawat untuknya). Manusia yang paling mulia ini bersabda: 

“Ada tiga perkara yang membuat celaka, ada tiga perkara yang membawa selamat, ada tiga perkara yang dapat menghapus dosa, dan juga tiga perkara yang meninggikan derajat.

Adapun tiga perkara yang bisa membuat celaka adalah sifat kikir, mengikuti hawa nafsu, dan berbangga diri. Dan tiga hal yang membawa keselamatan adalah berbuat adil, baik dalam keadaan marah maupun ridha (tidak marah), bersikap baik dalam keadaan miskin maupun kaya, dan takut kepada Alloh baik ketika sendiri maupun bersama orang-orang. Dan tiga perkara yang dapat menghapus dosa adalah menunggu datangnya waktu shalat menunaikan shalat, berwudhu di pagi hari yang dingin, dan melangkah kaki untuk shalat berjamaah.

Adapun tiga hal yang dapat mengangkat derajat adalah memberi makan, menebarkan salam, dan mendirikan shalat pada malam hari ketika orang-orang sedang terlelap tidur.” (HR. Thabrani)

Ada yang kita petik dari hadis ini. Kepada engkau yang matanya terkatup terlalu kuat di saat Alloh bukakan pintu-pintu-Nya untuk menggapai derajat yang tinggi, maka raihlah kemuliaan dengan hartamu. Berikanlah orang-orang yang putus harapan agar tumbuh kebahagiaan di hatinya. Ulurkanlah tangan untuk para kerabat dan keluarga dekat serta tetangga yang didera oleh kemelaratan, sesuap makanan yang mengenyangkan.

Marilah sejenak kita mengingat nasihat Nabi saw. Dari Abdullah bin Umar ra., Rasulullah saw bersabda, “Tebarkanlah salam, berikanlah makanan, dan jadilah hamba-hamba yang bersaudara.” (HR. Ibnu Majah)

Rasulullah saw. juga mengingatkan, “Amal perbuatan yang paling baik adalah membuat saudaramu (sesama muslim) berbahagia, membayarkan hutangnya, dan memberinya makanan dengan sepotong roti.” (HR. Baihaqi)

Inilah jalan yang akan mengantarmu pada kasih sayang Alloh. Di saat tak ada yang engkau miliki untuk meraih derajat yang tinggi disisi-Nya kecuali harta yang dilebihkan Allah atasmu, maka ambilah hartamu bagian di luar zakat untuk mendekat kepada-Nya. Raihlah hidup penuh kemuliaan, hati yang lapang, dan jiwa yang tenang dengan mengikhlaskan sebagian dari hartamu untuk disedekahkan. Ingatlah ketika Rasulullah saw bersabda:

“Hendaklah kalian melakukan kebaikan. Sesungguhnya perbuatan baik adalah lawan dari perbuatan buruk. Hendaklah kalian bersedekah dengan diam-diam, karena hal itu dapat memadamkan amarah Tuhan.” (HR. Ibnu Abid Dunya)

Adapun sesudah itu, insya Alloh dengan hati yang lebih bersih, kita akan bisa mendekat kepada-Nya dengan lebih banyak menyungkurkan kening untuk bersujud. Begitupun sebaliknya. Ibadah yang kita lakukan dengan benar, akan membawa kita lebih ringan memandang dunia dan tidak memberati langkah kita untuk mendaki; meraih derajat yang lebih tinggi di sisi-Nya.

Tetapi…

Jika berat hatimu untuk beribadah, kecuali saat ada kebutuhan yang engkau harapkan dari-Nya, sedangkan harta yang engkau peroleh tidak mengajakmu kecuali pada jalan yang tidak disukai-Nya, maka lihatlah. Mungkin jalanmu mendapatkan yang keliru. Ada kotoran di dalamnya. Jika bersedekah membuatmu semakin gelisah, maka periksalah. Barangkali ada yang perlu engkau tangisi tentang kehalalan asal-usul hartamu. Atau, barangkali baru kali ini engkau bersedekah, sedangkan hatimu belum sepenuhnya rela. Jika demikian, ingatlah sesungguhnya kegelisahan hidup karena melalaikan kebajikan yang lebih besar daripada yang sanggup engkau kira.

Wallahu a’lam bishawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s