Ciptaan-Nya Tidak Ada yang Sia-sia

Ada seorang laki-laki yang melihat seekor kumbang, lantas berkata, “Makhluk ini sangat buruk. Rupanya jelek dan baunya busuk. Apa yang dikehendaki Alloh dalam menciptakannya?”

Kemudian orang itu diuji Alloh dengan penyakit kulit. Para tabib tidak ada yang mampu menyembuhkannya, sehingga ia putus asa akan kesembuhan penyakit itu.

Pada suatu hari, ia mendengar suara seorang tukang tenung berseru di jalanan, lalu ia berkata, “Panggilah orang itu kemari, mungkin ia dapat memberikan saran tentang penyakitku ini!”

Keluarganya menjawab, “Apa yang akan diperbuat oleh seorang tukang tenun, padahal tabib-tabib yang kenamaan saja sudah kewalahan!?”

Orang itu berkata lagi, “Biar bagaimana, ia harus dipanggil!”

Kemudian tukang tenung itu mereka panggil. Ketika ia melihat penyakit orang itu, ia meminta seekor kumbang. Mereka semua tertawa mendengarnya. Tetapi si sakit itu ingat akan peristiwanya dahulu,  ketika ia mencemoohkan kumbang. Karena itu ia lalu berkata, “Berikanlah yang diminta orang ini! Sebab orang ini lebih tahu apa yang akan dilakukannya.

Lalu keluarganya memberikan apa yang diminta oleh tukang tenung itu. Kemudian binatang itu dibakarnya, dan debunya ditaburkannya pada penyakit orang itu. Dengan kuasa Alloh, penyakit itu sembut.

Kemudian orang itu berkata pada hadirin, “Ketahuilah bahwa Alloh swt. hendak menunjukkan kepadaku bahwa sesungguhnya di dalam tubuh makhluk-Nya yang paling hina sekalipun terdapat obat yang paling berguna. Dia Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui yang pelik-pelik.”

Semoga kita bisa mengambil hikmah di setiap penciptaan-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s