Basmalah, Kalimat Pemecah Kesulitan

Diceritakan, Ada seorang perempuan tua yang taat beragama, tetapi suaminya seorang yang fasik dan tidak mau mengerjakan kewajiban agama dan tidak mau berbuat kebaikan.

Perempuan itu senantiasa membaca Bismillah setiap kali hendak berucap dan setiap kali dia hendak memulai sesuatu, sentiasa didahului dengan Bismillah. Suaminya tidak suka dengan sikap isterinya dan selalu mengejek isterinya.

Suaminya berkata sambil mengejek, “Asyik Bismillah, Bismillah. Sebentar-bentar Bismillah.”

Isterinya tidak berkata apa-apa sebaliknya dia berdoa kepada Allah ta’ala supaya memberikan hidayah kepada suaminya.

Suatu hari suaminya berkata, “Suatu hari nanti akan aku buat kamu kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu.”

Untuk membuat sesuatu yang mengagetkan isterinya, dia memberikan uang yang banyak kepada isterinya dengan berkata, “Simpan uang ini.” Isterinya mengambil uang itu dan menyimpannya di tempat yang aman, namun suaminya telah melihat tempat menyimpan uang oleh isterinya tersebut. Kemudian dengan sembunyi-sembunyi suaminya itu mengambil uang tersebut dan menyembunyikannya ke dalam perigi di belakang rumahnya.

Setelah beberapa hari kemudian suaminya itu memanggil isterinya dan berkata, “Berikan padaku uang yang aku berikan kepada engkau dahulu untuk disimpan.”

Kemudian isterinya pergi ke tempat dia menyimpan uang itu dan diikuti oleh suaminya dengan berhati-hati dia menghampiri tempat dia menyimpan uang itu dia membuka dengan membaca, “Bismillahirrahmanirrahiim” Ketika itu Allah ta’ala menghantar malaikat Jibrail as. untuk mengembalikan uang dan menyerahkan uang itu kepada suaminya kembali.

Alangkah terperanjat suaminya, ternyata uang yang telah di ambilnya kembali ketempat semula, dia merasa bersalah dan mengaku segala perbuatannya kepada isterinya, ketika itu juga dia bertaubat dan mulai mengerjakan perintah Allah, dan dia juga membaca Bismillah apabila dia hendak memulai sesuatu pekerjaan.

Subhanallah.

Dalam kitab Abwabul Faraj hal 113, Abuya Sayyid Muhammad ibn Alawy Al-Maliki Al-Hasani berkata:

Di antara pintu-pintu yang memberi kemudahan bagi seseorang ketika mendapatkan kesulitan adalah mengucapkan Basmalah. Kata sebagian ulama: “Kalimat Basmalah merupakan kalimat yang suci dari kandungan petunjuk dan pakaian kewalian. Basmalah merupakan sandaran bagi orang-orang yang mendapatkan pertolongan dan merupakan rahmat bagi seseorang yang banyak dosanya. Menurut Imam Syafi’i, kalimat Basmalah merupakan awal mula setiap surat. Menurut Imam Abu Hanifah, kalimat Basmalah adalah kalimat tersendiri yang sengaja diturunkan oleh Allah ta’ala untuk membedakan antara surat yang satu dengan surat yang lain. Karena itu, Basmalah dibaca untuk mendatangkan berkah, tetapi kalimat Basmalah tidak termasuk salah surat dalam Al-Quran, kecuali yang ada di dalam surat An-Naml.”

Ada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, Nasa’i dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah ra. bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya:

“Setiap perbuatan yang penting yang tidak diawali dengan membaca bismillahhir rahmanir rahim, maka perbuatan itu tidak mengandung berkah.”

Ada kisah dari Sahabat Khalid bin Walid, sesaat beliau mengepung orang-orang kafir. Orang-orang kafir minta bukti kebenaran Agama Islam. Maka Khalid bin Walid pun meminta kepada orang-orang kafir untuk menyediakan racun yang amat dahsyat untuk diminumnya. Khalid bin Walid akan membuktikan kebenaran agama Islam lewat racun tersebut. Maka orang-orang kafir pun menyediakan sebuah racun yang amat dahsyat. Diceritakan, saat seekor lalat lewat di atas racun tersebut, maka langsung matilah lalat itu. Ini menunjukkan betapa dahsyatnya pengaruh racun tersebut. Walaupun cuma dengan uapnya saja dapat membunuh.

Hal ini sengaja dilakukan orang-orang kafir dengan harapan agar Khalid bin Walid mati saat meminumnya, kemudian Khalid bin Walid pun meminum racun tersebut. Namun sebelum meminumnya, sahabat Khalid bin Walid terlebih dahulu membaca basmalah, Bismillahhir rahmanir rahim. Setelah meminumnya Khalid bin Walid ternyata tidak apa-apa. tidak terkena efek racun yang sangat dahsyat tersebut. Maka berimanlah semua orang-orang kafir tersebut.
Masih dari kitab Abwabul Faraj, Imam Nawawi meriwayatkan dari Ali ra. bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, yang artinya:

“Wahai Ali, maukah engkau aku ajari satu kalimat yang mana jika kamu menghadapi kesulitan, maka engkau dapat mengucapkannya?” Jawan Ali ra.: “Mau, ya Rasulullah.” Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “Jika engkau sedang menghadapi suatu bencana atau nabi kesulitan, maka ucapkanlah: Bismillahir rahmanir rahim walaa haula walaa quwwata ilaa bilaahil aliyyil adziimi. Maka Allah ta’ala menyelamatkan kami dari segala macam kesulitan.”

Basmalah, Kunci Segala yang Diinginkan

Diriwayatkan oleh Wahab bin Munabbih ra. bahwa Rasulullah shallallahu ‘alahi wasallam bersabda, yang artinya:

Sesungguhnya kalimat Bismillahir rahmanir rahim mempunyai keistimewaan tersendiri yang tidak diberikan Allah ta’ala pada kalimat lain. Hanya dengan Basmalah, kesucian seorang dapat sempurna. Hanya dengan kalimat Basmalah, sembelihan binatang korban dapat dihalalkan, hanya dengan kalimat Basmalah, segala doa dapat dijauhkan dari setan. Hanya dengan kalimat Basmalah, seorang anak dapat selamat dari makan dan minumnya. Andaikata seorang mengucapkan kalimat Basmalah dengan hati yang penuh keyakinan, kemudian ia masuk ke dalam laut, maka ia tidak akan tenggelam, andaikata ia masuk ke dalam api yang besar, maka api itu tidak akan membakarnya, andaikata ia membaca Basmalah, kemudian ia berada di antara ular dan kalajengking, maka keduanya tidak akan melukainya. Andaikata ia membaca kalimat Basmalah di bagian kepala kubur seorang mukmin, maka siksa kubur akan diberi keringanan dengan berkah Basmalah.”

Basmalah, Merupakan Hijab yang Ampuh

Disebutkan bahwa tidak seorangpun ketika ia hendak masuk ke dalam rumahnya melainkan ia diikuti oleh setan. Tetapi, jika ia mengucapkan kalimat Bismillahir rahmanir rahim, maka setan berkata, “Tidak ada tempat bagiku di dalam rumah ini.” Jika seorang sedang menghadapi makanan seraya membaca Bismillahir rahmanir rahim, maka setan berkata, “Tidak ada makanan bagiku dari makanan ini.” Demikian pula, jika seorang hendak minum, kemudian ia membaca Bismillahir rahmanir rahim, maka setan berkata, “Tidak ada minuman bagiku di tempat ini.” Jika seorang hendak tidur, kemudian ia membaca Bismillahir rahmanir rahim, maka setan berkata, “Tidak ada tempat tidur bagiku di tempat ini.” Tetapi, jika seorang hendak tidak membaca Basmalah ketika hendak masuk ke dalam rumahnya, maka setan berkata, “Ada tempat tinggal bagiku di rumah ini.” Dan setan masuk bersama orang itu ke dalam rumahnya. Jika seseorang tidak mengucapkan Bismillahir rahmanir rahim, ketika hendak makan dan minum, maka setan akan ikut menyertai orang itu dalam makan dan minumnya. Jika seorang hendak mengumpuli istrinya dan ia tidak mengucapkan Basmalah, maka setan ikut bersamanya mengumpuli istrinya, sehingga anak yang dilahirkannya menjadi anak yang cacat. Bahkan adapula anaknya menjadi seorang fasik atau seorang kafir dan lain sebagainya. Seperti yang disebutkan dalam firman Allah ta’ala, yang artinya:

“Dan berserikatlah dengan mereka pada harta dan anak-anak.” (QS. Al-Israa’: 64)

Para ulama menyebutkan sejumlah keistimewaan kalimat Basmalah dan hal ini sangat berguna bagi orang yang menyakini keistimewaan kalimat Basmalah, di antaranya:

  1. Siapapun yang membaca kalimat Basmalah sebanyak dua puluh satu kali ketika ia hendak tidur, maka ia akan terlindungi dari mati secara mendadak, akan terlindungi dari segala bencana, terutama dari gangguan setan, pencurian dan kebakaran.
  2. Siapapun yang membaca kalimat Basmalah sebanyak seratus kali di atas seorang yang sedang sakit atau di atas seorang yang terkena sihir, maka penyakitnya akan segera sembuh.
  3. Siapapun yang membaca kalimat Basmalah seratus dua puluh tiga kali pada hari Jum’at, kemudian ia berdoa ketika seorang berkhutbah maka hajatnya akan dikabulkan.
  4. Siapapun yang membaca kalimat Basmalah  sebanyak tiga ratus tiga belas kali bersama ketika membaca shalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebanyak seratus kali, maka rezekinya akan diberi berkah.
  5. Siapapun yang membaca kalimat Basmalah sebanyak bilangan hurufnya yang berjumlah tujuh ratus delapan puluh tujuh kali, maka segala hajatnya akan tersampaikan.
  6. Siapapun yang membaca kalimat Basmalah sebanyak dua ribu lima ratus kali di waktu pagi hari, maka ia akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Demikian uraian Abuya Sayyid Muhammad ibn Alawy Al-Maliki Al-Hasani tentang keutamaan dan rahasia kalimat Basmalah, di dalam kitab Beliau, Abwabul Faraj.

Permohonan doa dari hati yang ikhlas dan bersih kepada Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan dipanjatkan pada waktu-waktu yang mustajabah akan berakibatkan doa terkabul. Teringat kami sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yang artinya: “Jika seseorang di antara kalian sedang berdoa, maka hendaknya ia berdoa dengan bersungguh-sungguh pengharapannya, karena Allah ta’ala tidak dapat dipaksa oleh siapapun.” Juga sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, yang artinya: “Berdoalah kalian kepada Allah ta’ala dengan keyakinan bahwa dia kalian akan dikabulkan oleh Allah ta’ala. Ketahuilah bahwa Allah ta’ala tidak akan mengabulkan doa siapapun yang hatinya lalai dan tidak peduli.” []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s